Resep Nasi Ulam Betawi


Resep Nasi Ulam Betawi 

Bahan untuk nasi :

2 lembar daun salam
2 cm lengkuas
750 gr beras putih
2 sdt garam
1 liter air
2 batang serai yang sudah di memarkan

Bahan serundeng :

1 ¼ butir kelapa muda. Parut dan sangrai hingga teksturnya kering
2 sdt ketumbar yang telah di sangrai
½ sdt jintan
1 sdt terasi
4 buah cabe merah
7 butir bawang merah
2 butir bawang putih
2 batang serai yang sudah di memarkan
1 ½ sdt gula jawa
2 sdt garam
3 sdm minyak goreng untuk menyangrai serundeng

Cara membuat nasi ulam yaitu :

1.) Cuci 750 gr beras putih sampai bersih dan tiriskan
2.) Panaskan panci yang telah berisi 1 liter air, lalu masukkan beras dan tambahkan daun pandan, lengkuas, daun salam, serai, jahe dan garam. Masak sampai nasi setengah matang kemudian angkat dan sisihkan.
3.) Setelah itu, kukus kembali nasi setengah matang selama kurang lebih 30 menit – 45 menit hingga nasi matang sempurna.
4.) Agar menjadi nasi yang pulen, kipasi dan aduk secara terus – menerus nasi ulam yang sudah matang selagi masih panas.

Cara memasak serundeng, antara lain :

1.) Tumbuk bawang merah, serai, terasi, cabe, jinten dan ketumbar menjadi satu.
2.) Panaskan 2 sdm minyak goreng ke dalam wajan yang sudah di panaskan lalu masukkan bumbu yang sudah di haluskan tadi dan tumis hingga baunya mulai harum. Jangan lupa untuk menambahkan gula putih dan garam pada proses penumisan bumbu tumisan tersebut.
3.) Tambahkan kelapa parut yang sudah di sangrai tadi. Tumis kembali dengan bumbu hingga semua adonan kelapa dan minyak tercampur merata. Tumis hingga kelapa parut teksturnya kering.
4.) Untuk penyajiannya anda bisa meletakkan nasi ulam di atas piring saji yang sudah anda sediakan, lalu untuk toping di atasnya anda bisa memberi taburan kelapa sangrai. Untuk pelengkap nasi ulam ini anda bisa menambahkan mentimun, daun bawang, tauge yang sudah di rebus, daun kemangi atau anda bisa menambahkan pelengkap sesuai selera anda sendiri.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »